Bandung Sketchwalk: Hebohnya Bandung Dengan Sketsa

Kota yang “hidup” adalah kota yang warga masyarakatnya memiliki kesadaran estetika dan seni. Dari banyak kota yang demikian di Indonesia, Bandung adalah salah satunya. Terlihat dari tingginya antusias masyarakatnya mengikuti acara Bandung Sketchwalk.

Acara komunitas Bandung Sketchwalk ini sudah berjalan secara rutin sejak bulan April 2013. Motornya adalah para arsitek senior yang gemar membuat sketsa bangunan dan suasana Bandung. Dalam merayakan hari jadinya yang kedua tahun, mereka membuat acara gambar bareng ini lebih meriah dari biasanya. Bahkan untuk acaranya pun didukung penuh oleh walikota Bandung Kang Ridwan Kamil. Acaranya seperti apa sih?

Tahun 2015 ini ada yang berbeda, yaitu acara gambar barengnya dihadiri oleh banyak sketchers dari negara-negara tetangga. Mulai dari Malaysia, Singapore, Thailand, hingga New Zealand dan Hong Kong. Tidak heran jika 3 hari itu, 1 – 3 Me1 2015, sekitaran Jl. Braga dan Jl. Asia Afrika penuh dan ramai dengan para masyarakat yang gemar menggambar.

Siapa yang sangka betapa tingginya antusias warga Bandung dalam mengikuti hajatan gambar bareng ini? Suasana yang riuh di tepi-tepi jalan dan pojokan toko dengan para sketcher yang asik menikmati tiap sudut kota dan aktivitas masyarakat, sebagai obyek gambarnya. Seolah makin menguatkan pendapat bahwa Bandung adalah kota yang sarat dengan kreativitas. Hal ini sepertinya diamini oleh banyak sketcher yang hadir juga dari kota lain seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Bogor, dan kota lainnya.

Tim sketcher Jakarta dan Bandung dapat oleh-oleh dari Toyota

Dapat oleh-oleh dari Toyota

Jika sebuah kota ingin menumbuhkan cita rasa dan kreasi yang tinggi di masyarakatnya, rasanya dengan membuat event sejenis sketchwalk ini adalah cara yang sangat menarik, menghibur, dan juga mendidik. Semoga kota-kota lain di Indonesia tertarik membuat acara sejenis Bandung Sketchwalk ini.

[ ]

(Semua foto milik @motulz)

 

Share

Leave a Reply