Raden Saleh di Galeri Nasional

Raden Saleh, nama maestro pelukis Indonesia yang kesohor di abad 19 di Eropa hadir di Galeri Nasional. Nama Raden Saleh terkenal sebagai pelukis yang besar dan matang di Eropa sebagai aset kesenian Indonesia. Mulai tanggal 3 sampai 17 Juni 2012, karya-karya beliau dipajang dan bisa disaksikan langsung di Galeri Nasional.

Pameran kali ini jelas sangat istimewa. Galeri Nasional dirombak sedemikian rupa untuk membangun suasana pameran yang sangat berkelas. Kehadiran lukisan Raden Saleh sebagai koleksi-koleksi pribadi pun sungguh sangat mengagumkan. Bagi penikmat pameran lukisan sudah semestinya menikmati format pameran kali ini.

Yang membuat gusar adalah, banyak pengunjung pameran yang masih awam, suasana galeri menjadi berisik dan gaduh. Pemandu pameran pun nampak kewalahan karena pengunjung seringkali liar tidak mengikuti alur galeri. Yang lebih mencemaskan, masih banyak pengunjung yang teledor memotret lukisan dengan blitz. Padahal larangan sudah berkali-kali diingatkan petugas.

Lukisan wanita Belanda yang ada di kanan foto di atas, terlihat miring. Hal tersebut dikarenakan banyak pengunjung yang ingin berfoto berdampingan dengan lukisan-lukisan masterpiece disana, mungkin mereka tidak sadar saat berfoto mereka malah bersandar ke bingkai lukisan yang akhirnya membuat karya tersebut bergeser.

Lukisan-lukisan yang dipamerkan disini memang tidak diberi garis pembatas, pengunjung dapat mendekati lukisan hingga menyentuhnya. Hormati karya-karya ini dengan tidak menyentuhnya. Apalagi jika kita sadar bahwa lukisan-lukisan asli (bukan replika atau reproduksi) disini bernilai ratusan juta hingga milyar rupiah.

[]
Share
  1. nico wijaya says:

    interiornya cukup berkelas. sayang pengunjungnya yang masih perlu diedukasi.

    mana kang foto2 lainnya 😀

  2. Motulz says:

    Foto2 lain di Instagram hahaha.. iya bener pengunjungnya masih awam sih.. Sebetulnya pameran ini bagus buat membangun daya tarik orang awam utk mulai menyukai galeri

Leave a Reply