Serunya Angkot Bandung

Bagi yang pernah tinggal (agak lama) di Bandung dan tidak berkendaraan pribadi, pasti akrab dengan yang namanya angkot. Walaupun agak tidak bisa diandalkan, baik dalam hal waktu (ngetem lama sekali, atau sebaliknya, ngebut ugal-ugalan) maupun trayek (kadang-kadang supirnya punya inisiatif untuk cari jalan alternatif ketika macet).Fenomena kendaraan umum yang satu ini lumayan menarik bila diamati lebih jauh. Salah satunya, personifikasi si pengemudi angkot terhadap ‘ruang kerja’nya, yaitu angkot itu sendiri. Di sini adalah beberapa yang sempat terabadikan.

Hanya ada satu angkot yang menyediakan tempat sampah di dalamnya, dan lantainya selalu terjaga bersih. Sebab kenyataannya memang masih banyak penumpang yang membuang sembarangan kemasan makanan/minuman yang dinikmatinya selama naik angkot, baik ke lantai angkot maupun keluar jendela(!). Terima kasih pak supir yang telah berinisiatif menyediakan tempat sampah ini…

Kadang2 supir angkot membawa serta istri dan anaknya selama bekerja, sekedar untuk plesiran. Supir dari angkot-angkot ini pasti punya anak-anak perempuan kecil, yang akan betah duduk di bangku depan, di sisi sang ayah yang sedang bekerja.

Adalah lumrah menemukan gantungan jimat keberuntungan ataupun dekorasi yang tergantung pada kaca spion depan. Tapi supir angkot yang ini punya gantungan spion yang lain daripada yang lain!

Jadi, bagaimana pun masih ruwetnya sistem transportasi umum kita, mari nikmati dulu yang sudah ada. Antara lain, dengan mengamati hal-hal yang tidak mungkin kita dapatkan bila selalu mengendarai mobil pribadi 🙂


[] Tulisan : Dwinita Larasati – @LarasaTita

(semua foto milik Dwinita Larasati)

Share
  1. antyo says:

    Weits, ini mobil angkot milik sendiri tampaknya. Samg juragan merangkap sopir. Begitukah? 🙂

Leave a Reply