5 Komikus Indonesia yang Karyanya Bisa Kamu Nikmati di Facebook

Kita tahu bahwa komik di Indonesia didominasi dengan komik Jepang dan mungkin sedikit komik Amerika Serikat. Padahal bila ditarik ke tahun 1980, komikus Indonesia pernah jadi tuan rumah di negara sendiri.

Sayangnya, di sekitar tahun 1980-an, komik impor Amerika Serikat dan Jepang mulai menggeser popularitas komik lokal. Kita harus mengakui kalau hingga kini, popularitas komik Indonesia masih kalah dengan Naruto, Crayon Shinchan, Spiderman, Batman, dan lainnya.

Komikus pun jadi jarang mencetak komik karya mereka. Namun, angin segar kembali muncul ketika segalanya jadi online. Banyak komikus yang akhirnya menggunakan media sosial untuk menunggah hasil karya mereka.

Buat kamu yang suka sekali baca komik, kali ini Motzter akan memberikan rekomendasi 5 akun media sosial komikus Indonesia yang rajin mengunggah karya mereka. Berikut adalah komikus-komikus tersebut:

1. Kartun Ngampus

Lewat Kartun Ngampus, komikus Shiro Ngampus menceritakan kisah-kisah seru khas mahasiswa Indonesia di kampus. Shiro menciptakan berbagai karakter seperti ibu kost, dosen killer, dan mahasiswa bandel.

Memang gambar komik ini sangat sederhana, tapi kamu akan dibawa nostalgia ke saat-saat kuliah. Selain komik strip, Kartun Ngampus juga memproduksi baju dan game gratis NgampusAja yang bisa kamu mainkan di PC.

Kamu bisa membaca Komik Ngampus di Facebook Page Kartun Ngampus.

2. Sweta Kartika

Bila kamu suka komik dengan romansa yang bikin deg-degan, silakan mampir ke akun facebook Sweta Kartika. Kamu bisa menelusuri album fotonya dan bukalah album Grey & Jingga.

Tidak hanya terbuai dengan ceritanya, kamu juga akan menikmati gambar Sweta Kartika yang apik dengan panel komik yang rapi. Rasanya seperti benar-benar membaca komik.

3. Si Juki

Si Juki merupakan karakter yang punya sudut pandang unik sehingga kisahnya jadi seru untuk diikuti. Tidak jarang Si Juki juga ‘menyentil’ ranah politik dengan cara yang ringan dan lucu.

Kamu bisa menikmati komik stripnya di Facebook Si Juki. Komikusnya, Faza Meonk membuat Facebook page Si Juki jadi lebih interaktif. Pembaca bisa ikut menentukan jalan komik tersebut dengan memberikan like, komentar, dan share.

4. Masdimboy

Komedi yang dibuat Masdimboy di page Facebook-nya sangat ringan. Dengan tokoh sang Masdimboy itu sendiri, kamu akan siap-siap tertawa karena humor recehnya. Ya, kadang kamu hanya perlu humor receh yang tidak perlu membuat kamu terlalu berpikir keras.

5. Tuti and Friends

Kalau kamu suka karakter komik yang unyu, kamu pasti akan suka Tuti and Friends. Gambarnya yang imut plus karakter Tuti yang cadel akan membuat kamu sangat terhibur.

Tidak hanya komik yang sering diunggah ke Facebook Page Tuti and Friends, Raden Mohamad Fajar sang komikus juga menjual merchandise Tuti and Friends; seperti bantal, boneka dan kaos.

Bagaimana, komik-komik di atas tidak kalah seru kan dengan komik Jepang atau Amerika? Jadi, silakan baca komiknya dan dukung terus komikus-komikus Indonesia.

[]

Diulas oleh Toshiko Potoboda

Leave a Reply