Menemukan Suasana Jepang di Seputaran Blok M

Budaya Jepang di Indonesia mungkin tidak sekuat pengaruh budaya Belanda. Namun, ini tidak berarti warisan budaya Jepang benar-benar tidak ada di Indonesia. Nah, kalau Anda mau merasakan sedikit suasana layaknya di negeri Sakura, tidak ada salahnya mampir ke kawasan Melawai, Blok M.

Kawasan ini memang sudah dijuluki Little Tokyo sejak tahun 1990-an. Saat itu, banyak restoran, tempat karaoke, hotel, dan tempat hiburan malam bernuansa Jepang yang muncul di kawasan tersebut. Tidak heran, Anda akan menemukan bangunan tua bertulisan Jepang plus ekspatriat negeri sakura yang lalu lalang. Bila mencermati lebih dalam, Anda juga bisa mendengar percakapan berbahasa Jepang dari orang yang lalu lalang di sana.

Suasana Jepang pun makin terasa karena sering dihelatnya festival khas Jepang di Little Tokyo. Salah satu yang paling terkenal adala Ennichisai. Di festival tersebut, sepanjang jalan Little Tokyo ini disulap layaknya sebuah festival di Jepang. Ada permainan, aneka makanan Jepang, hingga orang-orang Jepang yang mengenakan pakaian tradisional mereka.

Untitled

Cobalah masuk ke beberapa restoran autentik di sana. Sama seperti restoran di Jepang, Anda akan mendapatkan sambutan yang ramai saat masuk maupun keluar.

Selain menunya yang memang autentik, Anda juga bisa melihat serunya kegiatan para pekerja di sana. Beberapa dari mereka bisa menggunakan bahasa Jepang walau sedikit. Tentunya, ini pengaruh dari pemilik restoran yang biasanya adalah orang Jepang asli.

Ornamen restoran pada umumnya dibuat dari kayu. Anda juga bisa melihat berbagai komik Jepang asli. Jangan heran, kalau masih banyak orang Jepang yang datang sekadar minum bir, makan yakitori, dan baca komik.

Dinner at Kashiwa, Blok M

Dinner at Kashiwa, Blok M

Satu hal yang akan membuat Anda kagum, yaitu sistem sirkulasi udara di restoran-restoran ini. Beberapa restoran memperbolehkan pengunjungnya merokok dan tidak ada ruangan khusus untuk mereka. Namun, Anda tidak akan merasa sesak bahkan asap rokok langsung hilang sesaat sebelum menyebar.

Jadi, tidak ada salahnya Anda menghabiskan waktu makan siang atau makan malam di kawasan Little Tokyo ini. Oh iya, karena orang Jepang itu sangat disiplin, kebanyakan restoran hanya buka pada jam makan siang. Kemudian mereka akan tutup sampai jam 18.00. Selamat menikmati suasana di sana!

[]

Diulas oleh: Toshiko Potoboda

  1. […] Eh saya pernah nulis soal ambience di Little Tokyo di Motzter.com loh! Cek di sini ya! […]

Leave a Reply