Memanfaatkan Kemasan Produk sebagai Wadah Kreasi

Berapa banyak di antara kita yang suka mempraktikkan DIY? Inspirasi DIY bisa datang dari mana saja, termasuk dari wadah bekas minuman. Dari botol air mineral saja, kita bisa berkreasi sedemikian rupa sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan untuk banyak hal; misalnya saja kotak pensil, hingga pot tanaman.

Bagaimana bila kemasan produk menjadi wadah untuk berkreasi? Bayangkan, kalau ternyata sebuah wadah air mineral bisa jadi kanvas untuk membuat sebuah karya. Misalnya saja Aqua Reflections yang wadah kacanya bisa dimanfaatkan untuk membuat kreasi seni.

Rupanya Aqua Reflections bekerjasama dengan Eko Nugroho untuk membuat design packaging mereka. Pesan yang ingin disampaikan adalah agar masyarakat berkreasi di mana saja; mengajak para pelaku seni untuk berani berkarya di medium apapun. Setidaknya memantikkan ide bahwa packaging air mineral pun sebenarnya bisa disulap jadi karya seni.

“Melalui kolaborasi ini, saya berharap masyarakat bisa lebih intim dengan kesenian yang diprakarsai oleh seniman Indonesia. Selain itu saya juga ingin mengajak masyarakat untuk berani mengkreasikan karya seni mereka. Botol ini tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai packaging, bisa dicat ulang kemudian digambar lagi atau bisa dibuat karya seni lainnya,” ungkap Eko Nugroho saat ditemui tim Motzter.

Sekilas soal tema ‘Bening’ Eko Nugroho

Untuk kolaborasinya bersama Aqua Reflections, Eko Nugroho mengangkat tema ‘Bening’. Karakter dari karya yang didesain oleh Eko Nugroho ini adalah sebuah sifat dan makna yang paling inti dari kata bening itu sendiri.
Tidak hanya melambangkan kejernihan, tetapi Bening di sini merupakan pandangan yang sangat jujur dan mendasar. Selain itu, bening juga mencerminkan makan yang luas tentang kesehatan, kemurnian, dan kebaikan.

So, kenapa tidak kamu mulai mencari wadah baru untuk menyalurkan ide kreatifmu? Siapa tahu produkmu tersebut banyak diminati masyarakat luas. Selamat mencoba!

[]

Tulisan oleh Toshiko Potoboda

Leave a Reply