Bangga Kuliner Indonesia Lewat Design Apparel

Kuliner Indonesia bukan hanya soal kekayaan rasa. Ada unsur budaya dan sejarah di balik makanan-makanan tradisional Indonesia. Itulah sebabnya kuliner Indonesia semakin diminati orang masyarakat luar tanah air.

Sudah seharusnya kita bangga dengan kuliner Indonesia; salah satunya adalah dengan mengapresiasi makanan tradisional itu sendiri. Banyak cara untuk memberikan apresiasi terhadap kuliner Indonesia; bukan hanya dengan menyantapnya saja, namun bisa juga lewat desain apparel.

Salah satunya adalah yang Motzter temui di beberapa pameran seni belakangan ini; yaitu apparel dengan desain nyeleneh kuliner Indonesia. Ada yang berupa totebag bertuliskan ‘saya suka sate’ hingga aneka pouch dengan gambar pecel lele dan bakso. Rasanya sangat Indonesia!

Philipp Thesen, Chief Design Deutsche Telekom AG pernah menyampaikan makna ‘good design’ dalam sebuah edisi majalah Monocle. Beliau menuturkan bahwa design is the strategic approach to taking the needs of people and turning them into meaningful, simplifying experiences that truly matter.

Tentunya lewat desain ini, kuliner Indonesia akan semakin dekat di mata masyarakat Indonesia. Apparel adalah benda yang kita gunakan sehari-hari, jadi kemunculan desainnya juga bisa dilihat masyarakat luas. Bukan tidak mungkin dengan melihat desain ini, kita jadi kangen dan teringat akan betapa khasnya kuliner Indonesia.

Ini adalah sebuah contoh. Coba bayangkan bila desain yang ciamik bisa merepresentasikan berbagai elemen budaya Indonesia. Tidak hanya kuliner, bisa jadi pariwisata, atau hal-hal lain yang melekat pada Indonesia. Bukankah ini menjadi cara promosi yang cukup strategis?

[]

Tulisan oleh Toshiko Potoboda

Leave a Reply