Piala Maya, Apresiasi Netizen terhadap Film Indonesia

Di zaman serba online, rasanya pendapat dan suara dari netizen sangat mempengaruhi perkembangan film di Indonesia. Coba saja tengok, seberapa banyak promoter film Indonesia selama satu tahun belakangan ini yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan film mereka.

Pentingnya apresiasi netizen ini yang jadi gagasan terbentuknya Piala Maya. Dibentuk secara online oleh akun twitter @FILM_Indonesia, Piala Maya pertama kali diadakan tanggal 31 Desember tahun 2010. Begitupun di tahun 2011, semua diadakan secara online. Sekilas mengenaik FILM_Indonesia, akun media sosial ini berfokus pada publikasi dan apresiasi khusus untuk konten film Indonesia.

Tahun 2012, pertama kali diadakan secara offline. Belasan pencinta film Indonesia dari berbagai profesi dan aktif mengapresiasi film Indonesia di dunia maya melalui media sosial, media massa, maupun bloggers berkumpul dan memberikan suara pilihannya atas film-film berkesan sepanjang satu tahun. Piala Maya juga mengajak para praktisi perfilman untuk turut menjadi Komite Pemilih.

Tahun 2017 adalah tahun keenam penghargaan Piala Maya. Bertajuk 6enerasiNOW, penghargaan ini merupakan wujud sukacita generasi ini terhadap berbagai pencapaian film Indonesia selama satu tahun.

Tajuk 6enerasiNOW dipilih karena kesadaran akan perubahan dalam cara mempubikasikan film kepada calon penonton ala jaman now. Kini, film Indonesia memanfaatkan media sosial sebagai medium untuk memperkenalkan diri dan berinteraksi. Itu juga artinya film-film ini siap untuk dikomentari oleh netizen. Secara tidak langsung, netizen pun dipancing untuk reaktif pada setiap perubahan dan kabar terbaru yang dibagikan secara cepat.

Tidak bisa dipungkiri kalau film Indonesia kini membutuhkan media sosial. Sebaliknya, pengguna media sosial pun membutuhkan film Indonesia sebagai inspirasi dalam berkreasi dan berekspresi. Ini jadi sebuah timbal balik yang saling menguntungkan, baik bagi pelaku maupun penikmat film.

“Saat ini, aktivitas media komunikasi terwujud baik dalam bentuk media sosial, aplikasi messenger/chat group, website, dan berbagai perangkat teknologi yang aktif digunakan setiap orang. Medium bersosialisasi di dunia maya ini sangat membantu dalam mempublikasikan dan menyampaikan apresiasi terhadap suatu karya utuh, termasuk film. Piala Maya tahun ini memilih tema 6enerasiNOW untuk menggambarkan kebiasaan penikmat film era saat ini, sebagai sebuah penanda zaman kini; generasi now,” ungkap Hafiz Husni selaku Festival Director Piala Maya.

Berlokasi di Sari Pan Pacific Jakarta Hotel, Piala Maya 6 mengumumkan para pemenang dari sejumlah nominasi. Pada penyelenggaraan kali ini, Piala Maya kembali melibatkan banyak sosok yang aktif di dunia maya serta penonton setia film Indonesia sebagai anggota komite pemilih. Mulai dari sineas, jurnalis, praktisi, kritikus film, pengelola akun media sosial film, hingga bloggers dari seluruh Indonesia.

Anggota komite ini yang akan memberikan kontribusi lewat kurasi dengan sistem penilaian khusus sehingga setiap tahunnya Piala Maya merilis Kandidat Nominasi dan Daftar Nominasi Piala Maya. Piala Maya tahun 2017 ini juga terasa spesial karena adanya sistem baru yang memberikan kesempatan kepada para nominasi terpilih untuk aktif memberikan pilihan pada kategori di luar nominee sedang berkompetisi.

“Dalam satu tahun ini kita sudah dihibur dengan banyak sekali film Indonesia yang berkualitas, maka di akhir tahun ini kita juga ingin memberikan apresiasi untuk pelaku film. Itulah spirit kecintaan kami terhadap film-film Indonesia. Semoga Piala Maya juga bisa jadi inspirasi bagi para penggiat dan pelaku industri film di Indonesia,” ungkap Hafiz membuka malam penghargaan Piala Maya 6 #6enerasiNOW, 16 Desember 2017.

Adapun jumlah kategori dalam Piala Maya 6 6enerasiNOW adalah 30 yang dibagi menjadi 15 Kategori Teknis Film Panjang/ Bioskop, 8 Kategori Pemeranan, dan 7 Kategori Karya Khusus. Semua kategori, nominasi, dan nominee bisa diakses di pialamaya.com/nominasi.

Berbeda dengan penghargaan lain yang berkesan serius, Piala Maya justru jadi malam penghargaan yang glamor sekaligus santai. Suasanyanya seperti ajang reuni antara pelaku dan penikmat film.

Lantas siapa saja yang nama pemenang Piala Maya 6 6enerasiNow? Silakan cek Instagram Piala Maya! Semoga ajang Piala Maya masih bisa dinikmati untuk tahun-tahun ke depannya.

[]

Tulisan oleh Toshiko Potoboda

Leave a Reply