Desain Kartu Yang Sesuatu

Kartu remi, nampaknya lebih dikenal jika cuma disebut kartu saja. Kartu remi selama ini hanya dikenal sebagai sebuah mainan atau alat bantu judi.

Berbeda dengan Paman Tyo, walau beliau mengaku tidak pandai bermain kartu, namun hobinya adalah mengoleksi banyak set kartu remi. Bagi Paman, mengoleksi set kartu itu menjadi daya tarik sendiri karena Paman Tyo suka menganalisa desain-desain kartu tersebut.

Tanpa kita sadari, ternyata kartu remi itu memiliki banyak sekali ragam desain. Baik yang dibuat khusus sebagai sebuah set kartu permainan saja atau pun dibuat oleh brand untuk media promo nya. Misalnya perusahaan minuman, maskapai penerbangan dan seterusnya. Bahkan ada juga set kartu yang dibuat untuk even-even besar, misalnya pertandingan olahraga atau peluncuran sebuah produk.

Yang menarik juga adalah fungsi set kartu sebagai barang suvenir. Akan menjadi sebuah barang oleh-oleh yang khas jika mendapatkan sebuah set kartu yang dibuat khas oleh kota atau negara tertentu.

Koleksi Paman Tyo ini nampaknya akan terus bertambah, memang akan sulit jika hanya mencari ragam desain set kartu ini dari Indonesia saja, mengingat “kesan” dari set kartu ini sudah kadung negatif. Kartu remi sudah “dihakimi” sebagai mainan orang dewasa, alat judi, mainan buang-buang waktu, dan mainan pengangguran. Padahal jika melihat di blog Paman Tyo ini ternyata ada kartu yang digunakan sebagai media edukasi untuk anak-anak, tidak percaya? silakan cek sendiri di http://kartu.blogombal.org

(semua foto milik Paman Tyo)

[]

Share
  1. antyo says:

    Whoa! Tersanjung saya! Terima kasih.
    Kartu ini baru sebagian, masih ada ratusan kartu dalam kotak saya. Misalnya dari Museum Sherlock Holmes, oleh-oleh dari Seno Gumira Ajidarma pada 1997. 🙂 Ada juga replika hasil cetak kayu dari Museum Rotterdam.
    Saya dulu pernah memesan beberapa kartu ke pabrik terkenal tapi kiriman tak sampai. Antara lain kartu braille dan lembar cetakan kartu yang belum dipotong-potong. ;(

Leave a Reply