Stiker Rakyat

Rasanya kita hampir melupakan sebuah karya “desain” atau merchandise yang masuk kategori “rakyat”, ¬†seperti apakah itu?

Barang yang dimaksud adalah stiker dan emblem. Bagi kebanyakan orang Jakarta memang nampaknya tidak terlalu terperhatikan karena hasil desain dan barangnya pun sangat “kelas seadanya”. Kebanyakan penggema stiker dan emblem ini adalah para pengendara motor, supir angkutan, atau pengamen. Mungkin selain harganya murah, pesan yang mereka inginkan pun sudah dirasa cukup

Hampir banyak desain stiker ini mengambil dari tim sepakbola dan balapan motor (MotoGP), sisanya lebih tentang bendera negara, kalimat-kalimat bijak, dan masih banyak macam lainnya.

Secara desain, stiker dan emblem ini memang tidak banyak beda dengan desain asli produk atau brand-nya. Mereka membuat sebagai jiplakan saja. Desain yang dipilih memang yang sudah kuat branding dan “massa”-nya.

Sepertinya akan menarik jika saja para pengrajin stiker ini berkolaborasi dengan desainer atau seniman grafis kontemporer, maka kolaborasi tadi akan menghasilkan stiker dan emblem yang lebih unik dan istimewa.

(Foto-foto milik @motulz)

[]

 

 

Share

Leave a Reply