Wedha dan Pop Kubisme

Mungkin banyak dari kita yang sering melihat karya grafis kotak-kotak yang sering disebut WPAP, apa itu?

Ini berawal dari salah seorang maestro ilustrator Indonesia bernama Wedha. Yang kemudian gaya gambar kotak-kotaknya ini disebut dengan WPAP atau Wedha’s Pop Art Portrait.

Wedha adalah salah seorang ilustrator majalah senior yang sudah berkiprah dibanyak majalah top Indonesia. Kepiawaiannya itu menggiring Wedha untuk akhirnya menelurkan sebuah gaya pada karya pop yang akhirnya sangat digandrungi oleh banyak seniman dan praktisi grafis.

Seni menggambar dengan gaya kotak-kotak ini sebetulnya pernah ada sudah lama sekali dengan sebutan kubisme, dengan pelopornya yang terkenal salah satunya adalah Pablo Picasso dan George Braque. Sementara untuk pewarnaannya, Wedha memang memilih warna-warna kontras yang kuat dengan selera gaya pop. Karena itulah maka nampaknya gaya WPAP ini bisa saja disebut sebagai sebuah pengembangan pada penggayaan seni pop kubisme.

WPAP sudah merambah kebanyak komunitas. Banyak dari mereka bahkan sudah menjadikan gaya WPAP ini sebagai sebuah gaya seni pop Indonesia. Semoga gaya dan gerakan ini menjadi motor untuk lahirnya gaya-gaya seni grafis Indonesia kelak. Untuk tahu banyak tentang komunitas WPAP bisa buka situs http://wpapcommunity.com

(Foto-foto milik @motulz)

[]

 

Share
  1. antyo says:

    Yang saga salut adalah Mas Wedha dulu memulainya tanpa komputer. Setiap kali ada musisi asing ke Hai pasti dapat hadiah potret dalam WPAP.

Leave a Reply