Celengan Ayam

Menabung – pada saat ini sudah sangat dikenal dikalangan anak-anak. Sejak mereka sekolah, orang tua mereka membuatkan rekening tabungan di bank. Sementara pada masa dahulu, menabung bagi anak-anak adalah dengan menyimpan uang di celengan. Apakah anak-anak sekarang masih punya celengan?

Celengan memang dibuat untuk menyimpan uang logam (koin), tak heran celengan memang banyak dimiliki oleh anak-anak. Karena anak-anak masih sering menyimpang uang receh. Kesan yang didapat dari celengan memang sangat unik dan sangat pas untuk anak-anak. Selain anak-anak belajar menabung, mereka pun belajar bertanggung jawab untuk menunda keinginan.

Celengan, memang berasa dari kata celeng atau babi. Nampaknya diambil dari bahasa Inggris yaitu piggy bank. Kenapa babi? mungkin karena bentuk perutnya yang cenderung bulat menggembung mampu menampung banyak koin. Akan tetapi, seiring desain dari celengan itu sendiri, para pengrajin celengan mulai ngulik bentuk celengan itu sendiri selain bentuk babi. Desain celengan mulai berkembangan ke banyak bentuk. Uniknya kita masih saja menyebutnya celengan, walau bentuk babi pun sudah dilupakan.

(Foto-foto milik @motulz)

[]

Share
  1. antyo says:

    Saya masih penasaran mengapa dulu bentuknya “celeng” (salah satu artefak Majapahit menunjukkann tabungan berbentuk celeng) dan di Barat namanya “piggybank”.
    Ada apa dengan babi? 😀

  2. motulz says:

    mungkin karena volume perut babi itu dirasa paling besar dan bisa memuat banyak? hahaha.. entahlah

    • antyo says:

      Mari kita cari tahu bagaimana “celengan” kuno di Timur Tengah di kalangan bangsa Semit, karena baik Arab maupun Yahudi tidak welcome sama babi 🙂

Leave a Reply