Inspirasi Konstruksi Rumah Raja Ampat Papua

 image-8-small

Kita mengenal rumah khas Papua adalah Rumah Honai, namun sering kita lupa betapa luasnya kawasan Papua ini, hingga kita pun lupa bahwa budaya dan suku di Papua punya banyak sekali ragamnya. Termasuk jenis rumah atau konstruksi bangunannya. Salah satunya adalah jenis bangunan di wilayah Raja Ampat.

Raja Ampat memang dikenal sebagai surganya para diver (peselam), kehadiran para peselam di Raja Ampat sangat banyak sekali tidak cuma dalam bahkan luar negeri. Banyaknya titik selam yang dikunjungi maka bermunculan pula lah rumah singgah (homestay) yang dibangun baik oleh pihak resort maupun oleh warga kampung di Raja Ampat.

image-11-small

Rumah singgah di Raja Ampat nampak seragam, dibangun dengan bahan baku yang memang mudah didapatkan di hampir semua pulau di Raja Ampat. Karena jumlahnya yang melimpah maka harganya pun menjadi murah dan terjangkau. Harga murah tidak berarti kualitas dan bentuknya yang seadanya. Raja Ampat memiliki bahan baku untuk bangunan rumah singgah yang sangat berkualitas dan sangat indah dari segi desain.

Bahan dasar yang digunakan sebagai rumah singgah ini bisa dibilang cukup umum. Daun alang-alang kering yang dianyam digunakan sebagai atap, yang mana jenis ini sudah banyak dijumpai dibanyak jenis rumah di Indonesia. Lalu konstruksinya menggunakan kayu jenis dolken – sebutan orang Jakarta, yang kemudian selain dipaku juga diikat dengan tali rotan. Sebagai lantai mereka menggunakan Kayu Besi yang sebetulnya mahal sekali. Untuk penyangga rumah yang masuk air mereka menggunakan Kayu Gatal. Kedua kayu ini sangat tahan air, namun menurut warga Raja Ampat, Kayu Gatal lebih kuat dari Kayu Besi saat direndam di air laut. Kayu Gatal, sesuai namanya memang membuat gatal saat kita pegang, hanya saja gatal itu disebabkan getahnya saat kayu masih memiliki kulit. Kayu Gatal yang digunakan sebagai konstruksi sudah dikupas dan jemur sehingga tidak membuat gatal lagi. Untuk dinding bangunan, mereka menggunakan daun Nipah kering. Jenis daun ini pun banyak digunakan diberbagai wilayah di Indonesia.

image-4-small

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Raja Ampat, coba perhatikan rumah singgah yang ditemukan diberbagai pulau, sangat menarik dan bagus sekali. Bisa kita jadikan sebagai inspirasi jenis bangunan hunian daerah tropis. Rumah ini sejuk sekali. Tidak heran jika akhirnya beberapa resort di sana pun mengadaptasi konstruksi asli Raja Ampat ini.

[]

(Foto-foto milik @motulz dan Divemag Indonesia)

headerDIVEMAG

 

Share
  1. Muchamad Soleh says:

    Toppp……

  2. Mulia Darma says:

    Boleh nanya harga papan kayu besi berapa perlembarnya ya dan kayu gatal apa berupa dolken atau balok

  3. ide bagus keep post 🙂

Leave a Reply