Arti Detil Dalam Sebuah Film

Pernah menonton film Tom Hanks berjudul “Cast Away”? Tahukah jika film tersebut punya kaitan tersendiri dengan sebuah lokasi di Jakarta, yaitu  Jl. Kramat Raya no.70? Lantas apa kaitannya dengan detilnya sebuah film?

Suatu hari Facebook saya mendadak heboh akibat ulah iseng teman saya mas R.E.Hartanto – seniman lukis dari Bandung yang kini menetap di Semarang. Keisengannya bermula saat ia mengunggah (upload) salah satu scene di film “Cast Away”-nya Tom Hanks, berupa surat eksekusi pembagian harta gono-gini perceraian yang dikirimkan sebuah biro hukum di Santa Fe yang dialamatkan pada Mr. Michael Streets di alamat: “Jl. Kramat Raya 70, Jakarta. Indonesia 10450. Tel: 62 (0121) 3106754.”

Melihat bentuk alamatnya nampak alamat tersebut otentik dan asli di Jakarta, kecuali penulisan nomor telponnya. Pertanyaannya, apakah alamat tersebut asli? atau sekedar rekaan dalam film?

Terlepas dari otentik atau tidaknya alamat tersebut, hal yang menjadi menarik di sini adalah bahwa di dalam sebuah film, si pembuat bisa saja menyimpan “pesan-pesan” terselubung. Pesan-pesan yang kadang malah menjadi “permainan” tersendiri bagi para penikmat film. Tidak heran jika perburuan pesan-pesan atau hal terselubung ini menjadi ketertarikan tersendiri hingga ada sebutan “easter eggs” untuk penemuan hal unik yang tersembunyi di sebuah film.

Informasi dan pesan yang disisipkan di dalam film bisa berupa atribusi atau properti film. Keberadaannya memang minor dan tidak boleh mengganggu jalannya cerita. Jika saja penontonnya gemar memperhatikan hal-hal detil di luar cerita film maka film tersebut akan punya nilai tambah tersendiri. Akan sayang jika justru si pembuat film menganggap hal ini tidak penting dan cenderung mengabaikan. Akhirnya penonton cukup menikmati alur ceritanya saja. Tidak ada ketertarikan penonton untuk mengkaji ulang film tersebut untuk semata-mata “berpetualang” menikmati atribusi dan properti yang tersembunyi di dalam rentetan frame film.

Hal detil apa yang pernah anda temukan di sebuah film?

(Foto : R.Hartanto & Motulz)

Ditulis oleh @motulz

[]

Share

Leave a Reply